panda

Thursday, November 8, 2012

Burung Merak

Burung Merak adalah salah satu burung terindah yang memiliki bulu berwarna-warni dan 'mahkota' yang membuatnya eksotik. Burung Merak termasuk family ayam hutan (pheasant), ada beberapa jenis burung merak dengan keindahannya masing-masing. Merak Hijau (pavo muticus), Merak Biru (pavo cristatus), Merak Kongo (afropavo congensis) dan Merak Putih (pavo cristatus). Merak Hijau jantan panjangnya bisa mencapai ukuran 3m, sedangkan betinanya lebih kecil dan tidak memiliki bulu yang indah. Rentangan bulu ekor pejantan yang indah dimaksudkan untuk memikat pasangannya dimasa musim kawin berlangsung.

Populasi Merak Biru tersebar di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Bhutan. makanannya adalah : Biji-bijian, rumput dan dedaunan serta serangga kecil, cacing, laba-laba dan kadal. (omnivora). Panjang burung jantan mencapai 2,5 m.

Merak Biru 

 
 
Populasi Merak Hijau atau Merak Jawa  tersebar di RRC, Indocina, Indonesia terutama Jawa,  makanannya adalah : Biji-bijian, rumput dan dedaunan serta serangga kecil, cacing, laba-laba dan kadal kecil. (omnivora). Panjang burung jantan Merak Jawa bisa mencapai 3 m untuk yang jantan.
Merak Hijau/Merak Jawa


Burung Merak Kongo, burung endemik negri kongo, artinya hanya terdapat di kongo, burung ini mempunyai panjang tubuh lebih kecil yaitu 'hanya' 70 cm. Memiliki jambul tegak di kepalanya berwarna putih. Makanan Merak Kongo ini sama dengan saudara-saudaranya diatas tadi.
Merak Kongo


Merak Putih