Tuesday, October 30, 2012

Alap-alap Capung


Alap-alap Capung (Microhierax fringillarius) adalah burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur. Alap-alap ini merupakan burung karnivora terkecil di dunia. Alap-alap capung dapat ditemukan di Asia Tenggara. Ukurannya rata-rata sebesar 15 cm dengan berat 35 gram.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Falconiformes
Famili: Falconidae
Genus: Microhierax
Spesies: M. fringillarius
Nama binomial
Microhierax fringillarius

Penyebaran
Secara global burung ini tersebar luas dari Semenanjung Thailand, Malaysia, Singapore dan Indonesia.
( tersebar dari Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.)
Berbiak
Sarang berada pada lubang pohon dengan kayu yang sudah kering dan lapuk. Tidak ditemukan material lain di sarangnya. Lubang tersebut biasanya digunakan untuk sekitar satu tahun. Jumlah telur 4 – 5 butir (umumnya 2 – 5 butir).
Habitat
Daerah terbuka dengan pepohonan dan daerah terbuka tepian hutan primer dan sekunder. Juga ditemukan di dekat kebun – kebun kampung, Dapat ditemukan dengan ketinggian 1200mdpl, dan beberapa record mencapai ketinggian 1500 m.
Makanan
Makanan utamanya adalah serangga termasuk ngengat, kupu – kupu, capung, laron, tonggeret dan biasanya burung kecil dan kadal.
Kebiasaan dan Status Migrasi
Bertengger pada pucuk pohon kering atau mati menunggu mangsa di waktu sore hingga senja. Beberapa catatan lapangan dijumpai burung ini bertengger di pohon kering dekat genangan air menangkap capung. Merupakan jenis penetap.
Status Konservasi dan Perlindungan
Status konservasi Stabil. Least Concern (IUCN 2011.2. Ver 3.1). Dilindungi undang – undang No. 5 Tahun 1990 dan PP 7 & 8 tahun 1999.










Baca selanjutnya :
Alap-alap Coklat * Alap-alap Erasia * Alap-alap Macan * Alap-alap Putih * Alap-alap Sapi *
Alap-alap Sawah
refferensi :
wikipedia.org
raptorindonesia.org